Senin, 06 Juni 2011

KERJA BANGKU (WORK BENCH)

Keterampilan merupakan tuntutan di era global bagi setiap pencari kerja. Hal inilah yang menyebabkan mengapa sekolah-sekolah menengah kejuruan menjadi lebih banyak daripada sekolah-sekolah menengah umum. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang siswa meliputi soft competency dan hard competency. Soft competency merupakan sikap dan pribadi seorang pekerja, yang meliputi diantaranya adalah sopan santun, rapi, disiplin, ketekunan, kesabaran dan lain-lain. Sedangkan hard competency lebih kepada keterampilan yang dikuasai oleh siswa. Misal keterampilan mengikir, mengelas, membuat robot, memperbaiki mobil yang rusak, dan lain sebagainya.
Keterampilan yang harus dimiliki oleh para siswa harus dipelajari secara bertahap. Untuk memperoleh tingkat keterampilan yang tinggi harus melalui tingkat keterampilan dasar. Bagi para siswa yang memilih keterampilan dibidang teknik, sebagai dasar dari kompetensi tekniknya harus memahami dan belajar mengenai teknik perbengkelan. Dalam teknik perbengkelan para siswa akan belajar menggunakan perkakas tangan. Menggunakan Perkakas Tangan merupakan pelatihan dasar kompetensi bagi semua siswa teknik. Kompetensi ini merupakan dasar pembentukan sikap kerja para siswa. Disini dibutuhkan kedisiplinan, kerapian, kesabaran dan ketekunan yang merupakan pelatihan soft competency. Sedangkan ketelitian ukuran, bentuk dan hasil akhir dari sebuah pekerjaan merupakan pelatihan hard competency.
Pada saat para siswa melakukan praktik Menggunakan Perkakas Tangan, perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat melatih soft competency siswa yaitu :


Peletakan alat-alat di atas bangku kerja berdasarkan jenis alat :
a. Hanya alat-alat yang dibutuhkan untuk bekerja yang ada di atas bangku kerja.
b. Alat-alat ukur diletakkan secara terpisah dengan alat-alat kerja.
c. Peletakan alat-alat tidak boleh saling bersilangan atau bertumpukkan untuk menghindari kerusakan.

0 komentar:

Template by : x-template.blogspot.com | Car Wordpress Theme | Cheap Auto Insurance